Belajar Memahami Panel dan Workspace Adobe Illustrator Untuk Pemula

Panel Wokspace
Tips Desain - Adobe Illustrator merupakan suatu software desain grafis untuk membuat desain berupa vector, didalama software tersebut ada beberapa komponen yang digunakan untuk membuat desain grafis diantaranya adalah Panel dan Workspace.

Pengertian Panel dan Workspace Adobe Illustrator


Pengertian Panel adalah sebuah komponen yang ada pada software Adobe Illustrator yang digunakan untuk mempermudah dalam menggukan tool yang kita inginkan. Letak panel tersebut ada di sebelah kanan software tersebut, anda dapat melihatnya pada gambar dibawah ini.
Panel Ai
Pada gambar diatas ditunjukan letak panel di Adobe Illustrator dan terlihat ada beberapa panel yang di group disana diantaranya panel color, color guides, color themes, swatches, brushes, symbols, layers, artboard, dan yang lainnya. 

Pada panel tersebut terlihat sedikit bukan? lalu bagaimana untuk menambahkan panel yang agar sesuai dengan yang anda inginkan? Untuk menambahkan panel yang sesuai anda inginkan, maka anda pilih menu window dan pilihlah panel sesuai keinginan anda.


Workspace Adobe Illustrator

Workspace atau bisa disebut dengan lembar kerja adalah sebuah komponen dimana digunakan untuk mendesain sebuah object atau bentuk pada software Adobe Illustrator. Letak wokspace tersebut adalah di tengah tampilan Adobe Illustrator, lebih jelasnya anda dapat melihat gambar dibawah ini.
Workspace
Pada gambar diatas ditunjukan letak tampilan workspace pada Adobe Illustrator, dan di tengah workspace adalah Artboard, dimana anda dapat menambahkan beberapa Artboard dalam satu workspace, kebanyakan desainer menggunakan banyak artboard dalam membuat desain berupa karakter, icon, yang membutuhkan banyak kertas. Tetapi tips dari saya adalah jangan membuat banyak-banyak artboard dalam satu workspace karena jika filenya corrupt maka tidak akan bisa dibuka kembali, saya menyarankan agar tidak banyak-banyak dalam membuat artboard dalam satu workspace. 
Untuk menambahkan artboard dalam workspace, anda dapat menambahkanya menggunakan Artboard Tool atau bisa tekan Shift+O di Windows dan Cmd+O di Mac.


Itu tadi adalah penjelesan singkat tentang Panel dan Workspace Adobe Illustrator, jika ada keluh kesah atau pertanyaan dapat anda tulis di kolom komentar, atau jika ingin bekerjasama dengan saya anda dapat menuju contact untuk info lebih lanjut.

Bagi teman-teman yang ingin belajar desain menggunakan Adobe Illustrator secara lengkap dan mudah untuk dipahami, anda dapat mencari di pencarian saya atau anda dapat klik link dibawah ini yang menuju ke postingan.

Selengkapnya  : Belajar Desain Grafis Untuk Pemula Menggunakan Adobe Illustrator untuk Pemula

Terimakasih telah membaca tulisan saya, silahkan share tulisan saya di akun-akun social media anda.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel